Lahan 4 Ha dan Akses Jalan 5 Km Disiapkan Dukung Pembangunan Pelabuhan

Posted by Admin Monday 28 April 2014

SUBANG - Pemerintah Kabupaten Subang telah menyediakan lahan daratan, seluas empat hektare di sekitar pesisir pantai Patimbang Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang, guna mendukung pembangunan pelabuhan di pantura Subang tersebut.
Selain itu akses jalan sepanjang lima kilometer kebutuhan menuju areal pelabuhan yang termasuk kategori rintisan komersial itu sudah dibuka seseuai kebutuhan dengan lebar mencapai 40 meter.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tataruang Pemukiman, dan Kebersihan Kabupaten Subang, Sumasna saat ditanya seputar perkembangan pembangunan pelabuhan di Subang, Minggu (27/4/2014).
"Konstruksi jalannya baru pengerasan, dari enam baru lima kilometer. Struktur jalannya dibuat menggunakan teknologi geotekstil, supaya kuat, badan jalan tetap tidak mengalami pergerakan," ujar Sumasna.

Dia mengatakan pembangunan pelabuhan rintisan itu merupakan kewenangan pusat, Pemkab Subang hanya mendukung dengan menyiapkan lahan seluar 4 hektar, ditambah akses jalan menuju lokasi.
"Lahan disekitar pelabuhan sudah disiapkan, dari kebutuhan enam kilometer, tinggal satu kilometer lagi yang masih dalam proses. Akses jalan yang lima kilometer juga sudah dibuka malahan sebagian sudah dilakukan proses pengerasan," katanya.
Dikatakan Sumasna, berdasarkan informasi yang diterimanya, pembangunan pelabuhan rintisan di Patimban Sudah berjalan dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. Malahan nilai investasi yang telah dikucurkan menggunakan dana APBN dikawasan tersebut sudah mencapai Rp 120 miliar.
Besarnya nilai investasi itu salah satunya dikarenakan dasar pantai di Patimban itu cukup landai, sehingga mengharuskan dibangun sandaran dermaga cukup jauh dari bibir pantai agar kapal-kapal besar bisa masuk.
"Jadi pembangunan sandaran dermaga dari bibir pantai ke laut panjang untuk menjangkau kedalaman yang ideal. Pasalnya dasar pantai Pantai landai," katanya.
Mengenai fungsi pelabuhan ketika dioperasikan nanti, pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut. Namun pelabuhan yang lokasinya berada di perbatasan perairan antara Subang dan Indramayu itu akan digunakan untuk mengurangi beban kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Tanjung Priok.
"Informasi yang kami peroleh kalau pastinya peruntukan itu nantinya, tergantung kebutuhan. Awalnya memang untuk mendukung Tanjungpriok bila disana overload, lalu berkembang nantinya tergantung kebutuhan," ujar Sumasna.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Absdurakhman, mengatakan pelabuhan rintisan komersial di Pantai Utara (Pantura) Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Subang sedang dalam proses pembangunan sandaran dermaga. "Kami berharap bisa secepatnya selesai, dan bisa segera beroperasi," katanya.
Abdurakhman optimistis bila pelabuhan Patimban itu sudah berfungsi akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi warga sekitar. Malahan mendatangkan multiplyereffect terhadap perkembangan kawasan Pantura Subang.
Dia mengungkapkan, dalam proses pembangunan pelabuhan rintisan komersial tersebut kewenangannya ada di tingkat pusat. Sedangkan Pemkab Subang hanya sebatas memberikan dukungan, selain menyiapkan lahan juga membuka akses jalan menuju lokasi.//(PRLM)

loading...
»Share or Like News: Lahan 4 Ha dan Akses Jalan 5 Km Disiapkan Dukung Pembangunan Pelabuhan
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 08:13:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH