Ratusan Kapal Nelayan Kawal Pelepasan Meron

Posted by Admin Tuesday 22 April 2014

Indramayu - Agenda akbar budaya pantura Kota Mangga Indramayu Jawa Barat menggelar "Nadran Nelayan 2014". Ribuan warga dan ratusan kapal nelayan mengiringi pelepasan Meron (tempat kepala kerbau dan sesaji) ke tengah laut, Minggu (20/4/14).

Puncak rangkaian kegiatan Nadran Nelayan 2014 yang diselenggarakan oleh KPL Mina Sumitra dengan tema "Laut Untuk Kesejahteraan Nelayan" ini, melakukan arak-arakan atau longmarch, start dari depan Kantor KPL Mina Sumitra menuju laut melalui muara TPI Karangsong. Pelepasan Meron diiringi tarian dan alunan musik tradisional.

Sekitar pukul 08.00, arak-arakan pelepasan Meron yang diiringi ribuan warga ini, berjarak sekitar 6 kilometer menuju muara TPI Karangsong Indramayu. Kemudian Meron dinaikan ke tongkang (Kapal Keruk) untuk diantarkan ke tengah laut. Ratusan kapal nelayan pun ikut mengiringi kapal yang membawa kepala kerbau tersebut.

Sesampainya di tengah laut, meron dilepaskan. Seketika, para nelayan langsung menjeburkan diri berebut kain putih dan sesaji serta air di sekitar meron untuk diambil, sementara kepala kerbau dibiarkan sebagai persembahan rasa syukur kepada Tuhan YME. Sesuatu yang didapatkan dari hasil rebutan itu dipercaya akan membawa berkah.

"Nadran ini merupakan upacara adat sebagai tanda syukur kepada Allah SWT yang selama ini sudah memberi keselamatan dan rezeki dari hasil laut kepada para nelayan," ujar ketua KPL Mina Sumitra, Ono Surono ST.

Ono mengatakan, dengan digelarnya Nadran yang diselenggarangan setiap dua tahun sekali itu, diharapkan menjadi motivasi yang berarti bagi para nelayan untuk bekerja keras agar mendapatkan hasil yang melimpah.

"Semoga ke depan nelayan bisa lebih bersemangat lagi untuk mendapatkan hasil tangkapannya agar makin sejahtera dan menambah masukan bagi pemerintah yang tiap tahun selalu naik, khususnya dari sektor nelayan," jelasnya.

Sementara, Ketua Panitia Nadran Nelayan 2014, H Tawajud menjelaskan, Nadran Nelayan ini sudah berlangsung sejak 17 April kemarin. "Diawali dengan pengajian dan doa bersama. Terus di sambung pagelaran seni tradisional ada sandiwara dan wayang kulit dalang H Rusdi," terangnya.
"Di hari puncaknya (Minggu), tadi pelepasan Meron ke laut," imbuhnya.

Selain itu, di waktu bersamaan, hiburan yang meramaikan hari puncak adalah di orkes dangdut Monata dari Sidoarjo Jawa Timur, Wayang kulit dalang Inggun, Sepakbola waria, panjat pinang, dan beberapa kegiatan lainnya.

"Acara ini ditutup Senin pagi sekitar habis subuh dengan pembagian air ruwatan," pungkasnya.

loading...
»Share or Like News: Ratusan Kapal Nelayan Kawal Pelepasan Meron
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 08:04:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH