Akibat Banjir, Pengadaan Beras Bulog Terhambat

Posted by Admin Thursday 6 February 2014

INDRAMAYU, -  Dampak banjir dan cuaca buruk yang melanda wilayah Kabupaten Indramayu selamasepekan kemarin, pengadaan beras di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divre Indramayu, Jawa Barat, terancam tersendat.

“Kemungkinan pasokan pengadaan beras akan mundur,” ujar Heri Sulistyo, Wakabulog Indramayu, kepada wartawan, Rabu(5/2)kemarin.

Menurut dia, pengadaan beras Bulog sudah dibuka setiap awal Januari biasanya pada kondisi normal, puncak pengadaan akan terjadi pada Maret – April, seiring dengan puncak panen raya yang dilakukan petani.namun diprediksi  pengadaan beras pada tahun 2014 ini jatuh pada bulan Mei – Juni. Hal itu disebabkan oleh mundurnya masa panen yang terjadi pada puluhan ribu hektare tanaman padi yang terancam puso akibat banjir belum lama ini.

‘’Para mitra kerja kemungkinan akan terkendala dalam melakukan pengadaan gabah,’’ ungkap Heri.
Heri menambahkan, untuk target prognosa Bulog pada tahun ini mencapai 97.500 ton setara beras. Sementara itu  sejak awal Januari hingga kini belum ada beras yang masuk ke gudang Bulog.

Kendati  saat ini, stok raskin yang tersimpan di gudang Bulog bisa mencukupi untuk kebutuhan selama 11 bulan mendatang. Sedangkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) dari Pemerintah Pusat, sudah habis disalurkan untuk para korban banjir.Pihaknya berharap kepada mitra pengadaan beras, agar segera memasukan berasnya sesuai dengan target yang meski dicapai.

diberitakan Eksposrakyat.net, Sebelumnya, Banjir yang menerjang Kabupaten Indramayu selama sepekan pada akhir Januari lalu membuat 49.019 hektare areal tanaman padi terendam banjir.

Jumlah itu terdiri dari tanaman padi berusia 5 – 75 seluas 48.738 hektare dan persemaian seluas 15.086 hektare. Namun dari tanaman padi seluas 48.738 hektare, sebanyak 33.933 hektare tidak bisa diselamatkan sehingga mengalami puso. Seluruh persemaian yang membusuk.

‘’Tanaman padi yang puso secara otomatis harus dilakukan tanam ulang,’’ kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu, Firman Muntako.(ER.Net)

loading...
»Share or Like News: Akibat Banjir, Pengadaan Beras Bulog Terhambat
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 20:28:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH