Curi Penyu 100 Kilogram, Nelayan Diburu Polisi

Posted by Admin Thursday 2 October 2014


MALANG - Seorang nelayan di Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tepergok mencuri penyu berbobot 1 kuintal. Setelah mencuri, nelayan tersebut langsung kabur dan polisi masih memburunya hingga kini.

Ada dua penyu yang dicuri. Satu ekor penyu kondisinya masih kecil. Menurut Maman Sudirman, Kepala Badan Kesatuan Pemangku Hutan (KBKPH) Sumbermanjing, Kabupaten Malang, dirinya tak sengaja menemukan seorang nelayan yang mencuri dua penyu hijau tersebut.

Hewan laut langka yang dilindungi tersebut, nyaris dibawa kabur kawanan pencuri yang menggunakan sampan nelayan.

"Pelaku pencurian spesies laut di lindungi itu kepergok saya, saat saya sedang patroli di pesisir pantai dan hutan di petak 81 RPH Sumberagung, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang," katanya, Rabu (1/10/2014).

Maman, memergoki pelaku pencurian penyu itu pada Selasa (30/9/2014), sekira pukul 11.00 WIB. Saat itu, cerita Maman, pihaknya curiga saat ada seseorang yang menurunkan sesuatu dari sampan kecil.

"Setelah saya dekati, ternyata dua ekor penyu," katanya.

Saat Maman diketahui mendekati ke arah seorang pencuri, sang pencuri langsung kabur meninggalkan dua penyu yang dicurinya tersebut.

"Setelah saya dekati, tenyata ada dua penyu, yang besar dan yang masih kecil. Langsung saya amankan dua penyu itu," cerita Maman.

Satu ekor penyu yang besar berbobot 1 kuintal, sementara satu ekor penyu lagi hanya berbobot 80 kilogram.

"Tak lama setelah dicuri, penyu ukuran kecil mati," katanya.

Mengetahui ada pencurian penyu, Maman langsung melaporkan hal tersebut ke pihak Polair Sendangbiru, BKSDA Pulau Sempu dan Petugas TNI AL Sendangbiru.

"Dari hasil pemeriksaan bersama-sama, satu ekor penyu berbobot 1 kuintal yang masih hidup akhirnya dilepaskan kembali ke habitat asal," ungkapnya.

Dalam proses pelepasan ke habitatnya, penyu berbobot 100 kilogram itu harus diangkat bersama-sama oleh 6 orang petugas.

"Kita akan terus melakukan pengawasan. Karena penyu itu dilindungi," tegasnya.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Satuan Polisi Air Sendangbiru, Malang, AKP Slamet Prayitno, pihaknya membenarkan terjadinya pencurian dua penyu tersebut.

"Kita masih terus memburu pelakunya. Diduga pelakunya hanya satu orang," tegasnya.


Sumbeer ; KOMPAS.
com
 

loading...
»Share or Like News: Curi Penyu 100 Kilogram, Nelayan Diburu Polisi
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 15:12:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH