Anna Sophanah ; Pemkab sangat termotivasi dengan kritikan Pak Menko Rizal

Posted by Admin Wednesday 18 November 2015


Indramayu - Pernyataan Menko Maritim dan Sumberdaya RI, Rizal Ramli ketika melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Indramayu Selasa (17/11/2015) kemarin memotivasi Pemkab Indramayu untuk all out melakukan penataan lingkungan, khususnya di sepanjang Sungai Prajagumiwang. Dikatakan demikian, karena Menko Rizal Ramli mengatakan, potensi perikanan Indramayu, khususnya di Karangsong sangat besar. Namun, kata Menko Rizal, infrastruktur di sekitar Pelabuhan Perikanan Karangsong itu kurang mendukung .

“Pemkab sangat termotivasi dengan kritikan Pak Menko Rizal. Pokoknya kita akan all out melakukan penataan sepanjang Sungai Prajagumiwang yang menjadi penyangga utama Pelabuhan Perikanan Karangsong,” tegas Bupati Indramayu, Anna Sophana melalui Kabag Humas Pemkab Indramayu, Wawan Idris, saat dikonfirmasi Selasa (18/11).
 Dijelaskan Bupati, sebenarnya Pemkab Indramayu sudah melakukan berbagai upaya penataan agar aliran Sungai Prajagumiwang dan kawasan pantai di Karangsong menjadi bersih.  Aliran sungai Prajagumiwang saat ini tengah dilakukan penataan dan pengerukan sungai sejak tanggal 12 November 2015 dan akan berakhir pada tanggal 26 Desember 2015 mendatang, sesuai dengan SPK Dinas PSDA Tamben Nomor 027/876.1/SPP/XI/D.PSDA Tamben.
Melalui kontrak kerja tersebut sepanjang Sungai Prajagumiwang akan ditata. Ada pun penataannya untuk tahap awal melakukan normalisasi sungai. Dengan normalisasi dan perbaikan sungai ini, diharapkan Sungai Prajagumiwang akan bersih dan semakin sehat. Namun saat Menko Rizal berkunjung ke Indramayu, memang sungaai dalam keadaan kotor. Ini terjadi karena memang sedang ada proses pekerjaan, yaitu pengerukan sedimentasi sungai dan sampah.
Bupati menambahkan, Pemkab Indramayu tidak bisa bekerja secara sendiri untuk mengelola lingkungan namun harus didukung dengan kerjasama dengan masyarakat sekitarnya agar kelestarian lingkungan bisa terwujud.
Setelah dilakukan pengerukan pada bulan November ini, selanjutnya sepanjang sungai Prajagumiwang pada tahun 2016 mendatang akan dilakukan perencanaan DED dari BBWS Cimanuk Cisanggarung untuk disandar dan dijadikan taman seperti Cimanuk. Bahkan lanjut bupati, produksi perahu dan kapal dan juga industry ikan asin yang ada disepanjang sungai Prajagumiwang akan dilakukan relokasi diareal Karangsong.
Selain itu, upaya pembersihan terhadap sungai Prajagumiwang juga pernah dilakukan pada tahun 2013 yang lalu dengan melibatkan berbagai leading sector seperti pelajar, pramuka, PNS, dan juga TNI/Polri.
Sementara itu, Ali, Ketua Paguyuban Pantai Lestari Karangsong menambahkan, Pemkab Indramayu memang sejak November sedang melakukan normalisasi Sungai Prajagumiwang.
“Kami sangat mengapresiasi upaya Pemkab dalam menata dan menormalisasi Sungai Prajagumiwang. Upaya ini akan berdampak positif bag peningkatan perekonomian masyarakat, juga pengembangan pengembangan Pelabuhan Perikanan  dan Hutan Mangrove Karangsong,” katanya.

loading...
»Share or Like News: Anna Sophanah ; Pemkab sangat termotivasi dengan kritikan Pak Menko Rizal
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 19:16:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH