Saluran Irigasi di Indramayu Banyak Yang Kritis

Posted by Admin Thursday 11 February 2016

INDRAMAYU - Penjabat Bupati Indramayu Ir. Toto Mohamad Toha, M.Ag mengatakan, Saluran irigasi di wilayah Kabupaten Indramayu baik dalam kewenangan Pemerintah Kabupaten Indramayu, provinsi, dan juga BBWS banyak yang harus segera diperbaiki. Hal ini ditegaskannya usai meninjau
langsung lokasi jebolnya tanggul Cimanuk di Kecamatan Cantigi, Selasa (09/02/2016) kemarin.

“Ada beberapa wilayah di sepanjang Cimanuk yang masuk dalam Kecamatan Cantigi, dan Lohbener kondisinya sudah mulai tergerus. Ini harus segera ditangani secara cepat sebelum bencana lainnya mengintai kita,” kata Toto.

Usai melakukan peninjauan diberbagai wilayah diakuinya,  memang beberapa tanggul yang berada diwilayah BBWS banyak yang kritis dan harus segera dilaukan perbaikan mengingat musim hujan saat ini mulai sangat tinggi.

“Perlu perbaikan, bukan hanya mengatur air namun juga teknis lainnya. Kewenangan dan tanggung jawab kabupaten, provinsi, dan BBWS harus segera dikerjakan. Semua kerusakan harus segera diinventarisir dan nanti ketahuan siapa yang paling bertanggungjawab. Mudah-mudahan bisa dilakukan secepatnya,” katanya.

Setelah dari Kec. Cantigi, PJ Bupati Toto, kemudian meninjau di wilayah Kecamatan Widasari, yang juga banyak ditemui adanya tanggul yang kritis, serta pintu irigasi yang rusak dan tidak berfungsi .

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Indramayu, Edi Kusdiana menjelaskan, selain tanggul di Waledan Kecamatan Cantigi, tanggul yang mengalami jebol juga adalah saluran induk barat di BT-11a, Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Akibatnya ratusan hektare areal persawahan terendam.

“Tanggul mengalami erosi sebelum akhirnya jebol. Ini disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga aliran sungai sangat deras dan melimpah, ucapnya.

loading...
»Share or Like News: Saluran Irigasi di Indramayu Banyak Yang Kritis
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 00:35:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH