Puluahan Warga Paksa Rusak Jembatan Pesisir Balongan

Posted by Admin Tuesday 21 January 2014

INDRAMAYU,– Daerah Aliran Sungai (DAS) Prawira Darung merupakan akses saluran pembuangan yang berada di wilayah Kecamatan Balongan sebagai pusat pembuangan air dari warga Kecamatan Sliyeg, warga desa Sudimampir, Tegalsembadra, Sukareja, Rawadalem, Sukaurip, Tegalurung dan Balongan.  Akibat lambatnya alur pembuangan di wilayah tersebut yang mengakibatkan lambatnya
penurunan debit air, jembatan di wilayah Desa Balongan blok pesisir yang dibangun sejak tahun 1960 itu, dianggap sebagai pemicu lambatnya laju air menuju muara yang jaraknya hanya 500 meter, puluhan warga di wilayah tersebut beramai ramai membongkar dan menghancurkan jembatan yang dianggap sebagai pemicu.
“Seharusnya Kuwu Kuwu yang lain seperti Rawadalem, Sukaurip, Tegalurung dan yang lainnya melihat kondisi jembatan disini, air tidak bisa normal tertahan oleh jembatan, maka setelah kami kordinasi dengan PU. Bina Marga dan sudah ditinjau keinginan warga kami akomodir untuk membongkar jembatan ini,”Ujar Warjo Kuwu Balongan kepada ER.net dilokasi.
Menurut dia, dengan dibongkarnya jembatan itu, diyakini dapat memperlancar laju percepatan air yang sudah meneggelamkan ribuan rumah diwilayah Kecamatan balongan. Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan EP Pertamina untuk membantu pengadaan alat berat berupa Excavator untuk mempercepat runtuhnya jembatan yang dianggap sebagai penghalang air menuju muara.
“Kami sudah kordinasi dengan pihak EP PT. Pertamina, dan mudah mudahan nanti besok sudah bisa dibongkar dalam mengurangi beban penderitaan warga yang sat ini rumahnya tenggelam.”ungkapnya.
Sementara itu, debit air di daerah sungai prawira darung masih tinggi hingga, Senin(20/1)dinihari, bahkan kondisi dibeberapa desa, kondisi dan  situasi banjir masih menggenangi di 10 desa diwilayah Kecamatan Balongan, yang paling parah diwilayah desa Gelarmendala, Desa Tegalurung dan Desa Rawadalem.
Sepanjang jalang Tegalurung dan Singajaya Indramayu, badan jalan sementara dipergunakan sebagai tempat pengungsian dan evakuasi warga, tercatat ribuan warga yang menyelematkan diri dan mengumpulkan perabotan rumah tangga di areal badan jalan dari genangan air.

Sedikitnya 1.150 warga di kawasan Perumahan Balongan Pratama dan Balongan Asri harus kehilangan perabotan rumahtangga yang tergenang akibat derasnya air mengguyur wilayah tersebut. Tampak tidak bisa diselamatkan Kantor Camat Balongan Terendam, SDN Tegalurung I dan II, Kantor Kuwu Tegalurung, Masjid Al Muawanah dan MI Muhamadiyah Tegalurung pada ketinggian 1 meter.(ER.Net/red)

loading...
»Share or Like News: Puluahan Warga Paksa Rusak Jembatan Pesisir Balongan
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 10:57:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH