Pembangunan Monorel di Tanjungsari dan Jatinangor Gunakan Lintasan Baru

Posted by Admin Monday 7 April 2014

SUMEDANG - Rencana pembangunan monorel yang melintasi wilayah Tanjungsari dan Jatinangor, lintasannya tidak akan menggunakan rel kereta api yang sudah lama tak berfungsi. Pembangunan monorel tahap 1 dari Tanjungsari, Kab. Sumedang sampai Gedebage, Kota Bandung, rencananya akan dibuat jalur lintasan yang baru.
“Jadi masyarakat Tanjungsari dan Jatinangor khususnya yang rumah, bangunan dan tanahnya di jalur rel kereta api lama, tak perlu khawatir terganggu. Sebab, monorel ini akan dibangun lintasan baru. Cuma jalurnya ke mana saja? Kami juga belum tahu,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Sumedang, Eka Setiawan di kantornya, Jumat (4/4/2014).

Eka mengatakan itu, menanggapi penolakan masyarakat Tanjungsari dan Jatinangor melalui sejumlah kepala desa dan camat setempat. Mereka menolak rencana pembangunan monorel apabila lintasannya menggunakan jalur rel kereta api lama. Sebab, tanah di sepanjang jalur rel kereta api kini banyak dibangun rumah, bangunan dan digarap warga.
Bahkan status tanahnya sampai sekarang masih bersengketa antara PT KAI dengan warga. Kendati masih sengketa, ada beberapa bidang tanah yang sudah bersertifikat atas nama warga. Oleh karena itu, jika lintasan monorel memakai jalur rel kereta api lama akan menimbulkan masalah besar. Bahkan tak sekedar penolakan, melainkan akan mendapat perlawanan dari warga.
Menurut dia, mengingat pembangunan monorel akan dibuat lintasan baru, sehingga tak ada alasan bagi masyarakat untuk menolaknya. Sebab, monorel menjadi moda transportasi massal yang menjadi solusi mengatasi kemacetan Bandung-Sumedang, terutama di Jatinangor dan Tanjungsari//prlm

loading...
»Share or Like News: Pembangunan Monorel di Tanjungsari dan Jatinangor Gunakan Lintasan Baru
RADIO SONG FM INDRAMAYU Updated at: 08:12:00

GUMIWANG KOMUNIKA INDRAMAYU

VIDEO KABAR ARTIS

VIDEO LAGU BARU SONG FM

INFO GEMPA KLIK DIBAWAH